“Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama” (1 Korintus 12:4-7).

Kesaksian

“Ini adalah pendampingan Roh Kudus Allah yang mempersiapkan para pekerja, baik pria maupun wanita, untuk menjadi pendeta bagi kawanan domba Allah. . . . Mereka yang memiliki iman kepada Roh Kudus ini akan berkembang. Mereka akan dikaruniai kekuatan untuk mengenakan pekabaran kebenaran dengan keindahan yang sakral” (Ellen White, Gospel Workers, hlm. 96).

Telepon berdering di kantor saya di Albany, Oregon. “Apakah ini pendeta dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh?” Sebuah suara wanita bertanya. “Ya, benar,” jawab saya. “Anda harus segera datang ke rumah sakit. Kami memiliki pasien di sini yang mengalami aritmia jantung yang parah. Kami takut dia akan mati, tetapi dia tidak mengizinkan kami melakukan apa pun sampai pendeta dari Gereja Advent berdoa untuknya. Dia terus bersikeras bahwa jika pendeta dari Gereja Advent berdoa untuknya, dia akan disembuhkan. Tolong datang dengan cepat!”

Saat mengemudi ke rumah sakit, saya berdoa, “Tuhan, saya sedikit khawatir tentang kunjungan ini. Wanita itu terus memberi tahu semua orang bahwa jika pendeta dari Gereja Advent berdoa untuknya, dia akan sembuh. Engkau dan saya sama-sama tahu bahwa Engkau tidak selalu memilih untuk menyembuhkan seseorang. Apa yang akan dikatakan para perawat dan dokter itu jika Engkau tidak menyembuhkan wanita ini?” Sepertinya Tuhan menjawab dengan mengatakan, “Apa yang kamu keluhkan?” “Saya khawatir dengan reputasi-Mu,” kataku. “Sekarang, biarkan Aku meluruskan hal ini kepadamu,” Tuhan tampaknya berkata. “Kamu khawatir dengan reputasi-Ku?” “Oke,” aku melanjutkan, “Aku menyadari itu terdengar sangat konyol, tetapi apa yang akan dikatakan orang-orang — apa yang akan dikatakan wanita itu — jika Engkau tidak menyembuhkannya?” Tuhan berkata dalam hati saya, “Adalah tanggung jawabmu untuk menurut. Adalah tanggung jawab-Ku untuk menjaga reputasi-Ku.”  “Engkau benar Tuhan,” kataku. “Saya akan memercayai-Mu untuk melakukan apa yang Engkau tahu adalah yang terbaik.

Di rumah sakit saya bertemu empat perawat di luar kamar pasien. “Apakah Anda pendeta dari Gereja Advent?” Tanya seorang perawat. “Cepat dan masuk ke sana dan berdoa agar kami dapat melakukan sesuatu!” Saya sudah tahu dari nama yang diberikan perawat itu kepada saya bahwa pasien ini bukan anggota gereja saya atau gereja terdekat lainnya. Saya bertanya-tanya mengapa dia bersikeras didoakan oleh seorang pendeta Advent, tetapi ini bukan waktunya untuk memulai percakapan. Monitor jantungnya menunjukkan detak jantung yang tidak menentu. Saya tahu dia dalam kesulitan. Saya berjalan ke sisi ranjangnya dan meraih tangan kanannya di tangan saya. Dia berbalik sedikit, membuka matanya, dan bertanya, “Apakah Anda pendeta Advent?” “Ya,” kataku. “Jika Anda akan berdoa untuk saya, saya tahu saya akan disembuhkan,” katanya.

Ini bukan saatnya untuk khotbah atau pelajaran Alkitab tentang doa untuk orang sakit. Saya hanya bertanya, “Saudari, apakah Anda bersedia membiarkan Yesus memutuskan apa yang terjadi di sini hari ini?” “Oh, ya, pendeta,” katanya, “tetapi saya tahu bahwa jika Anda berdoa untuk saya, saya akan disembuhkan!” Jadi saya tutup mata dan meminta Tuhan di surga untuk menunjukkan kuasa dan rahmat-Nya bagi wanita ini. Saya meminta Dia untuk memuliakan nama-Nya di hadapan para perawat dan dokter di rumah sakit, dan bahwa kesembuhan wanita ini mungkin menjadi saksi bagi banyak orang. Saya meminta Tuhan untuk menyembuhkannya jikalau itu adalah kehendak-Nya, jikalau hal itu dapat membawa kemuliaan bagi nama-Nya, dan jikalau itulah yang terbaik bagi wanita itu. Saya menyelesaikan doa saya dalam nama Yesus dan berkata “Amin.” Saat membuka mata saya, saya melihat monitor jantung, dan itu menunjukkan irama yang sempurna! Wanita itu menggenggam tangan saya dengan erat dan berkata, “Saya merasa lebih baik. Saya disembuhkan! Saya tahu jika pendeta Advent berdoa untuk saya, saya akan sembuh!”

Saya teringat bagaimana Yesus memiliki pengalaman seperti ini dalam hidup-Nya, jadi saya berkata, “Saudari, imanmu telah menyembuhkanmu!” Saya bersyukur kepada Tuhan dan berjalan keluar dari ruangan. Perawat berkata, “Bolehkah kami masuk sekarang?” Saya berkata, “Ya, tapi saya rasa dia tidak membutuhkan Anda lagi.” Mata mereka melebar, dan mereka berlari masuk ke dalam ruangan. Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa yang terjadi setelah itu, karena saya telah pergi. Saya tidak ingin perawat atau wanita itu memandang saya seolah-olah saya telah menyembuhkannya. Itu adalah karunia penyembuhan yang diberikan oleh Roh Kudus untuk wanita tersebut pada saat itu.

Ayat-ayat Alkitab untuk didoakan

  • 1 Korintus 12:9 — Karunia kesembuhan dijelaskan. Tuhan memiliki banyak cara untuk menyembuhkan orang, dan Dia ingin mencurahkan kekuatan penyembuhan-Nya melalui umat-Nya.
  • Efesus 4:11-13 — Roh Kudus ingin memberikan banyak karunia kepada umat-Nya. Tuhan juga punya rencana untuk Anda. 
  • Lukas 5:17 — Kuasa Tuhan harus hadir untuk menyembuhkan.
  • 1 Korintus 14:1, 13 — Rindukanlah karunia rohani dan berdoalah agar Anda dapat menerimanya.
  • Wahyu 1:10 — Ketika Roh Kudus turun atas kita, kita dapat mendengar Allah dengan cara yang baru dan berkuasa.

Saran Doa

  • Inilah aku, Tuhan, gunakanlah aku dalam pelayanan-Mu. Penuhi aku dengan Roh-Mu dan perlengkapi aku dengan karunia-Mu.
  • Yesus yang terkasih, saya ingin membuat perbedaan untuk-Mu di dunia ini. Saya tidak puas hanya duduk di gereja. Berikan padaku kuasa Roh-Mu melalui karunia yang Engkau pilih untuk saya sehingga saya dapat mengalahkan kuasa dosa di dunia ini.
  • Tuhan, tambahkan karunia-karunia kami dengan pendidikan, pelatihan, pengalaman, dan doa. Kami mendedikasikan semua talenta kami untuk-Mu dan dengan rendah hati meminta agar Engkau menambahkan berkat supernatural-Mu sehingga pekabaran Injil dapat maju dengan penuh kekuatan.
  • Berdoalah bagi 8.208 sekolah Advent dengan hampir 2 juta siswa. Kiranya sekolah-sekolah ini mengajarkan kebenaran Alkitab dan menuntun orang-orang muda ke dalam misi dan pelayanan.
  • Tuhan, berikan kami kebijaksanaan untuk menjangkau budaya-budaya sekular yang sama sekali tidak tertarik kepada agama. Kiranya Roh Kudus-Mu menghancurkan tembok yang mengelilingi hati mereka.
  • Berdoa untuk kelompok-kelompok orang di Asia, yang tidak berlatar belakang Kristen. Banyak dari antara mereka yang tidak pernah mendengar nama Yesus. Berikan hikmat khusus kepada kami untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.
  • Tuhan, tolonglah ilhami GMAHK di seluruh dunia untuk berdoa dengan lebih sungguh-sungguh. Kiranya kami dapat memohon bersama-sama akan kecurahan hujan akhir Roh Kudus. Kami memohon kepada-Mu untuk pemenuhan janji dalam Yoel 2, Hosea 6, dan Kisah 2.
  • Tunjukkan kepada kami bagaimana memenuhi kebutuhan praktis dan rohani dari para pengungsi. Kiranya gereja kami menunjukkan kasih kepada semua orang, siapa pun mereka atau dari mana mereka berasal.
  • Berdoalah bagi 541 kelompok di 18 kota yang berada di Divisi Southern Africa-Indian Ocean. Tuntunlah mereka kepada kebenaran Alkitab.
  • Berdoa juga untuk tujuh orang atau lebih dalam daftar doa kita (sebutkan nama mereka satu per satu).
  • Permohonan doa lainnya:

Lagu-lagu yang Disarankan

  • Besarlah Ya Tuhan Kasih Setia-Mu (LSEL #89);
  • O Nyala Api Roh Kudus (LSEL #196);
  • Aku Dengar Hujan Berkat (LSEL #197)

Baca juga tulisan terkait dibawah ini :

2 thoughts on “Hari 6 – Karunia Roh Kudus

  1. Pingback: Hari 7 – Berdoa di Dalam Roh Kudus | Maranatha Seventh-Day Adventist Church Official Website • Sharing • Caring • Praying

  2. Pingback: 10 HARI BERDOA 2020 - MENCARI ROH ALLAH | Maranatha Seventh-Day Adventist Church Official Website • Sharing • Caring • Praying

Berikan Komentar

%d bloggers like this: