“Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya. … Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: ‘Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dari dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya” (Wahyu 18:1,4).

Kesaksian

“Pelayanan pekerjaan Roh Kudus adalah kebutuhan besar kita. Roh itu segenapnya ilahi dalam pengaruh dan peragaan-Nya. Allah mau engkau memiliki anugerah rohani; kemudian engkau akan bekerja dengan kuasa yang belum pernah engkau sadari sebelumnya. Kasih dan iman dan pengharapan akan menjadi hadirat yang abadi. Engkau boleh maju dalam iman, percaya bahwa Roh Kudus menyertai engkau” (Ellen White, Mari Bersaksi, hlm. 326).

Suatu hari akan datang kebangkitan besar di antara umat Allah yang sejati di seluruh dunia. Roh Kudus akan turun dengan kuasa yang besar. Gerakan Roh Kudus ini dibandingkan pada zaman Alkitab dengan hujan akhir yang akan turun di Timur Tengah, membawa tuaian menjadi matang dan siap dituai (Zakharia 10:1). Suatu hari umat Allah akan pergi untuk membagikan iman mereka dengan segala cara yang mungkin dapat dilakukan. Mukjizat akan dilakukan melalui Kristus. Ribuan, mungkin jutaan, akan diselamatkan. Pekerjaan Roh Kudus adalah untuk menyelamatkan yang terhilang, dan tidak ada sukacita yang lebih besar daripada terlibat dalam pekerjaan itu.

Suatu hari Sabat Lance dan istrinya, Renae, datang ke gereja Masehi Advent Hari Ketujuh untuk pertama kalinya. Seseorang telah meninggalkan buku Bible Reading for the Home di depan pintu rumah mereka. Karena situasi tertentu dalam kehidupan mereka, Lance dan Renae memutuskan untuk melihat apa yang tertulis dalam buku itu. Saat mempelajari buku itu, mereka memperhatikan topik tentang Sabat, yang benar-benar menarik minat mereka. Mereka mempelajari dengan saksama bagian itu dan mereka terdorong untuk menemukan gereja yang mencetak buku tersebut. Memperhatikan bahwa buku itu dicetak oleh orang Advent, mereka akhirnya menemukan gereja kami dan mengunjungi Sabat berikutnya. Lance mengangkat buku Bible Reading for the Home dan bertanya, “Apakah gerejamu yang mencetak buku ini?” “Ya, benar!” Saya menjawab. “Bagus,” lanjut Lance, “kami punya banyak pertanyaan. Apakah ada kemungkinan Anda datang ke rumah kami untuk memberi kami pelajaran Alkitab?” Tentu saja, saya meyakinkan mereka bahwa saya akan senang melakukannya.

Ketika saya berkunjung ke rumah mereka, saya mengetahui bahwa Lance dan Renae serta dua anak lelaki mereka mengharapkan perubahan besar dalam hidup mereka. Mereka menjadi korban penyalahgunaan alkohol dan narkoba, dan pernikahan mereka sangat kacau. Saya tahu mereka membutuhkan kuasa Yesus yang membebaskan mereka. Ketika saya membagikan Injil sembari terus berdoa dalam hati saya untuk bantuan Tuhan, saya bisa melihat Roh Kudus begitu menginsafkan mereka. Saya menyelesaikan pekabaran Injil kepada mereka dan bertanya, “Apakah ada alasan mengapa kalian tidak ingin memberikan hidup kalian kepada Yesus?” Mereka menjawab bahwa mereka akan sangat bahagia atas pengampunan dan keselamatan Yesus. Kami berlutut dalam doa saat itu, dan saya memimpin mereka melalui doa pengakuan dan penerimaan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka. Dengan berlinang air mata mereka mengulangi doa saya, dan kami bangkit berdiri dengan penuh kegembiraan. Kekuatan mukjizat Roh Kudus jelas terlihat. Mereka berdua sekarang adalah anak-anak Tuhan.

Ketika saya tiba untuk janji temu pekan berikutnya, saya baru saja hendak melangkah pada langkah ketiga di ruang tamu mereka, ketika Lance bertanya, “Pendeta, apa pendapat Anda tentang merokok? Apakah Anda pikir itu sesuatu yang harus dilakukan oleh orang Kristen?” Saya menyarankan agar kita mempelajari topik tentang hidup sehat malam itu. Sebagai hasil dari penelaahan Alkitab itu dan kunjungan-kunjungan berikutnya, Lance dan Renae menjadi bebas dari semua ikatan Setan yang memperbudak mereka. Segera mereka dibaptis, dan mereka berdua menjadi penolong yang kuat di jalan Kristus, membagikan kesaksian mereka dan memberikan pelajaran Alkitab kepada anggota keluarga dan teman-teman mereka. Mereka juga mulai berbagi dalam pekerjaan Roh Kudus dengan menyebarkan Injil ke sekeliling mereka. Sungguh satu keajaiban!

Ayat-ayat Alkitab untuk Didoakan

  • Matius 28:19, 20 — Setiap pengikut Yesus harus melakukan apa yang dapat mereka lakukan untuk mengabarkan Injil keselamatan.
  • Yohanes 16:13 — Ketika Roh Kudus bekerja, orang-orang akan tertarik pada kebenaran Firman Allah.
  • Kisah Para Rasul 4:29-31 — Gereja mula-mula meminta Tuhan untuk mengisi mereka dengan Roh Kudus sehingga mereka dapat berbicara tentang Firman Tuhan dengan berani.
  • Efesus 4:11,12 — Karunia Roh Kudus adalah untuk memperlengkapi orang Kristen untuk pekerjaan pelayanan dan membangun gereja.
  • Kisah Para Rasul 9:36-42 — Tujuan mukjizat adalah agar orang dapat memiliki bukti yang dapat digunakan untuk percaya pada Yesus.
  • Markus 16:15-18 — Pergilah ke seluruh dunia, sembuhkan orang sakit, khotbahkan pekabaran kebenaran, nyatakan tabiat Tuhan kepada semua orang.
  • Yesaya 6: 8 — Ini aku, Tuhan, utuslah aku.

Saran Doa

  • Bapa surgawi yang terkasih, jadikan saya sebagai hamba-Mu dan bantulah saya membagikan pesan kasih dan keselamatan-Mu.
  • Atas rahmat-Mu, Tuhan, saya mendedikasikan diri saya untuk menjadi terdidik dan diperlengkapi untuk membagikan Injil di jalan yang Engkau telah tentukan bagiku.
  • Baptiskan saya dengan Roh Kudus-Mu sehingga saya akan didorong untuk mengatasi rintangan dan ketakutan. Biarkan saya menjadi saluran kekuatan-Mu dan pesan keselamatan dari Kristus yang telah disalibkan dan bangkit.
  • Memberkati upaya para pendeta, pekerja Alkitab, guru, dan penginjil di seluruh dunia. Penuhi mereka dengan kuasa dan otoritas yang luar biasa. Kiranya jutaan anak-anak-Mu diselamatkan tahun ini juga!
  • Berdoalah agar keluarga-keluarga kita dapat menyatakan kasih Allah di rumah tangga dan di lingkungan masyarakat. Kami memohon kepada-Mu untuk memberikan kedamaian dalam rumah tangga, menyatukan hubungan yang retak, melindungi dari berbagi pelanggaran, dan menyatakan kuasa kesucian-Mu dalam situasi yang kelihatannya tak berpengharapan.
  • Kiranya anggota-anggota gereja kami, para pendeta, dan para pemimpin gereja di seluruh dunia membaca Firman Allah setiap hari. Kiranya kami juga dapat mencari Engkau setiap hari dalam doa pribadi kami. Ingatkan kami bahwa tanpa-Mu, kami tidak dapat melakukan apa pun.
  • Kami memohon kepada-Mu untuk mempersiapkan para perawat dan dokter untuk mendirikan gereja-gereja baru di antara 1.978 kelompok di 22 negara di Divisi West-Central Africa.
  • Berdoalah bagi 49 juta orang di 19 kota yang jarang terjangkau dari Divisi Trans Eropa.
  • Tuhan, tolong biarkan anak muda kami tidak hanya mengkhotbahkan khotbah tetapi juga menghidupkan khotbah itu. Kami meminta Tuhan untuk memberkati upaya Hari Pemuda Global (Global Youth Day) dan inisiasi 100.000 Keterlibatan Total Pemuda (Total Youth Involvement).
  • Kami berdoa untuk tujuh orang dalam daftar doa kami. Berikan mereka kemampuan untuk mengenal Engkau sebagaimana Firman-Mu katakan dalam Yeremia 24:7.
  • Permohonan doa lainnya:

Lagu-lagu yang Disarankan       

Dengar! Malaikat Nyanyi (LSEL #105); Aku Suka C’ritakan (LSEL #391); Tolonglah yang Sesat (LSEL #367)


Baca juga tulisan terkait dibawah ini :

One thought on “Hari 9 – Pekerjaan Roh Kudus

  1. Pingback: Hari 10 – Tinggal di Dalam Roh Kudus | Maranatha Seventh-Day Adventist Church Official Website • Sharing • Caring • Praying

Berikan Komentar

%d bloggers like this: