WEDNESDAY, DECEMBER 02

Baca Amsal 1. Apakah yang dikatakan mengenai apa yang seharusnya diajarkan oleh pendidikan Kristen sejati?

Alkitab menunjukkan perbandingan yang konsisten antara kebodohan dan hikmat. Kitab Amsal memang mengingatkan kita akan bahaya perilaku yang bodoh dan berteman dengan orang bodoh. Perbedaannya jelas: Allah menginginkan agar umat-Nya mencari hikmkat, menghargainya dan berlimpah di dalam hikmat.

Para pelajar seni dan sains memanfaatkan kepandaian mereka untuk mengejar ilmu dan meraih keunggulan dalam studi. Para pengajar dalam bidang-bidang ini juga melakukan hal yang sama. Kita bisa meraih kecemerlangan artistik dan terobosan ilmiah karena pengetahuan dan kemampuan kita.

Namun dari sudut pandang Kristen, apalah arti pengetahuan seni dan sains jika tidak ada pengertian antara perbedaan yang benar dan yang salah, antara baik dan jahat, antara kebenaran dan kesalahan? Bacalah sedikit tentang riwayat kehidupan beberapa orang yang dianggap sebagai seniman terhebat di dunia untuk melihat bahwa keterampilan dan bakat yang luar biasa tidak selalu disertai kehidupan bernmoral atau kehidupan yang lurus. Demikian pula dengan para ilmuwan ahli yang terlibat dalam pekerjaan menciptakan senjata biologis atau senjata kimia pemusnah massal. Mereka mungkin berpendidikan tinggi, sangat berbakat, tetapi apakah hasil dari pekerjaan mereka? Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ilmu pengetahuan itu sendiri belum tentu merupakan hal yang baik.

Baca Amsal 1:7. Bagaimanakah ayat ini mengungkapkan apa kunci pendidikan Kristen sejati?

Seorang ateis yang meraih penghargaan Nobel, seorang yang juga telah mempelajari alam semesta dan segenap kekuatan penggeraknya, menulis: "Semakin alam semesta dipahami, alam semesta itu makin tidak berarti." Bagaimanakah pernyataan ini menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan tanpa disertai pengetahuan akan Tuhan bukan hanya tidak berarti, bahkan dapat menuntun kepada kesesatan?

Berikan Komentar

%d bloggers like this: