WEDNESDAY, DECEMBER 09

“Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” (Gal. 5: 25). Pekerjaan dan kerohanian seseorang tidak dapat dipisahkan. Ke-kristenan bukanlah pakaian yang bisa dikenakan atau dilepas ketika seseorang mengubah suasana hati atau melewati berbagai fase kehidupan. Sebaliknya, agama Kristen menciptakan makhluk baru yang memanifestasikan dirinya dalam segenap dimensi kehidupan, termasuk pekerjaan.

Bacalah Galatia 5: 22-26. Karunia apa sajakah yang disebutkan Rasul Paulus yang menggambarkan diri Anda dan pekerjaan Anda?

Kamus Eksposisi Kata-kata Perjanjian Baru (Expository Dictionary of New Testament Words) menggambarkan orang “rohani” sebagai “orang yang memanifestasikan buah Roh dengan caranya sendiri.” Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa melalui hubungan kita dengan Kristus, kita sebagai manusia akan berfungsi sebagai orang percaya dalam segala aspek kehidupan kita.

Seorang pasien terbaring sekarat di Rumah Sakit Florida ketika teman terdekatnya berjaga di samping tempat tidurnya. Perawat-perawat masuk dan keluar kamar, memenuhi kebutuhan sang pasien. Sambil berbincang, teman itu bertanya kepada perawat di mana mereka mendapatkan pelatihan keperawatan mereka. Banyak yang mengatakan bahwa mereka dididik di Sekolah Rumah Sakit Florida.

Ini membuat sang teman itu terkesan. Dia kemudian melakukan beberapa kunjungan ke Sekolah Rumah Sakit Florida untuk melihat seperti apa rupanya. Mengapa? Rupanya dia telah memberi tahu orang-orang lain bahwa para perawat yang dilatih di sekolah ini tampaknya memberikan lebih banyak perhatian dan perawatan yang tulus kepada temannya yang sekarat daripada para perawat yang dilatih di tempat lain. Artinya, dia bisa melihat perbedaan besar antara perawat-perawat ini dan perawat-perawat yang lain dalam perlakuan mereka terhadap temannya yang sedang sekarat.

Karena itu, dia banyak bertanya tentang sekolah perawat ini dan misinya, dan akhirnya dia menghibahkan 100.000 dolar Amerika Serikat, untuk mendidik lebih banyak perawat yang baik seperti yang ia telah temui dalam sikap mereka. Ya, kerohanian adalah sebuah jalan dan pola hidup.

Bagaimanakah Anda memanifestasikan kerohanian Anda sendiri dalam tugas sehari-hari kehidupan Anda? Menurut Anda, kesan apakah yang Anda tinggalkan ke orang lain (karena, pada akhirnya, semua orang akan meninggalkan kesan)?

Berikan Komentar

%d bloggers like this: