MONDAY, DECEMBER 07

Pekerjaan selalu berhubungan dengan “melakukan sesuatu” dalam kehidupan. Bahkan mereka yang memiliki pekerjaan paling sederhana pun juga melakukan kerja fisik, bahkan jika itu hanya menekan papan kunci komputer.

Apakah yang diajarkan dalam ayat-ayat berikut ini mengenai pekerjaan-yang menggunakan “tangan” sebagai sebuah simbol?

Ul. 16:15

Pkh. 9:10

Ams. 21:25

Yer. 1: 16

Allah telah memberi kita “pekerjaan tangan kita” sehingga kita dapat menemukan kepenuhan dan sukacita (Ams. 10: 4; 12: 14). Dalam psikologi, istilah “keefektifan diri” menggambarkan suatu kepercayaan bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk mencapai sesuatu yang bermakna dalam hidup. Keefektifan diri ini tidak dapat ditingkatkan hanya dengan mengulang-ulang perkataan “Saya bisa! Saya pasti bisa!” Hanya dengan melakukan sesuatu dari apa yang diyakini itu baru bisa meningkatkan keefektifan diri itu.

Sementara “pekerjaan tangan kita” adalah berkat dari Tuhan pada kita (Mzm. 90: 17) dan memampukan kita untuk memiliki hidup yang berarti, rencana utama Allah adalah agar “pekerjaan tangan kita” ini bisa menjadi berkat bagi sesama. Paulus menulis bahwa kita perlu bekerja, melakukan sesuatu yang berfaedah dengan tangan kita, supaya kita dapat saling berbagi. Sudah barang tentu Paulus hidup sesuai dengan prinsip:

“Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku. Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima” (Kis, 20: 34, 35).

Doa Nehemia yang sederhana haruslah menjadi doa kita: “Oleh karena itu ya Tuhan sekarang, kuatkanlah tanganku” (Neh. 6: 9, NKJV).

Bagaimanakah sikap Anda terhadap pekerjaan Anda? Dengan cara apa sajakah Anda dapat memakai pekerjaan Anda untuk lebih menjadi berkat bagi orang lain?

Berikan Komentar

%d bloggers like this: