Friday, December 18

Pendalaman: Bacalah Ellen G. White, “Hari Sabat,” hlm. 298–307, dalam buku Alfa dan Omega, jld. 5.

“Tidak ada peraturan lain yang diberikan kepada orang Yahudi yang membedakan mereka daripada bangsa-bangsa sekelilingnya sebagaimana yang dinyatakan oleh Sabat. Tuhan merencanakan bahwa pemeliharaannya harus menyatakan mereka sebagai penyembah Allah. Itu adalah tanda perceraian mereka dari berhala, dan menjadi hubungan mereka dengan Allah. Akan tetapi untuk menyucikan hari Sabat, manusia sendiri harus suci. Melalui iman mereka harus mengambil bagian dalam kebenaran Kristus. Pada waktu hukum itu diberikan kepada orang Israel ‘Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat’, Allah berfirman kepada mereka juga, ‘Haruslah kamu menjadi orang-orang kudus bagi-Ku.’-Keluaran 20: 8; 22: 31. Hanya dengan demikian, maka Sabat itu membedakan Israel sebagai penyembah Allah.“-Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 300, 301.

“Jadi Sabat itu adalah tanda kuasa Kristus untuk menyucikan kita …. Sebagai tanda kuasa-Nya yang menyucikan Sabat diberikan kepada semua orang yang melalui Yesus menjadi bagian dari Israel milik Tuhan.”– Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 307.

Pertanyaan-pertanyaan untuk Didiskusikan

1. Sering kali anggota-anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh menghabiskan waktu memikirkan apa yang tidak layak dilakukan pada hari Sabat. Kembangkan serangkaian pertanyaan yang akan membuat para pemelihara Sabat untuk fokus pada contoh-contoh yang dibahas dalam pelajaran ini dan yang menekankan Sabat sebagai pengalaman mendidik. Misalnya: "Apakah yang harus saya lakukan pada hari Sabat yang memungkinkan saya untuk belajar lebih mengerti tentang karakter Tuhan?"

2. Pertimbangkan kutipan Ellen G. White yang diberikan di atas. Di sana ditunjukkan bahwa yang membedakan para pemelihara Sabat dalam masyarakat bukan hanya formalitas memelihara Sabat. Akan seperti apakah orang-orang yang "mengambil bagian dalam kebenaran Kristus" dan telah dibuat "kudus"? Apakah hubungannya ini dengan hari Sabat?

3. Dengan cara apakah Anda dapat memperkaya pengalaman Sabat Anda? Buatlah tiga tujuan yang berfokus pada apa yang ingin Anda pelajari melalui ketaatan Sabat dalam 12 bulan ke depan.

Berikan Komentar

%d bloggers like this: